Liburan (Belajar di Rumah) dalam masa UNBK SMK

Liburan
( Belajar di Rumah )

Pada hari senin sampai dengan kamis lebih tepatna pada tanggal 3 s/d 6 April 2017, merupakan hari dimana dilaksanakannya UNBK bagi SMK NEGERI di seluruh Indonesia. Ujian tersebut, dilaksanakan oleh siswa kelas 3 di berbagai  jurusan yang ada di SMK. Khususnya SMK Negeri 1 Ciamis, juga mengikuti ujian tersebut dengan persiapan yang sangat baik.


Karena ujian tersebut, siswa kelas X dan kelas XI di setiap jurusan yang ada di SMK Negeri 1 Ciamis diliburkan atau yang lebih tepatnya belajar dirumah. Hal itu, dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para siswa.

Mungkin ada juga yang menganggap bahwa dalam 4 hari tersebut, benar-benar merupakan hari libur nasional ataupun hari libur panjang. Dan mereka lupa dengan tujuan diliburkannya dalam 4 hari tersebut, yaitu untuk belajar dirumah agar tidak mengganggu dalam pelaksanaan ujian, jika mereka disekolah (dalam masa tenang ujian) dan untuk mengejar ketertinggalan pelajaran karena terganggu dengan persiapan ujian dan hal/ acara lain disekolah maupun di tempat lain.

Khususnya dengan saya. Pada libur (belajar dirumah) selama 4 hari tersebut, saya tidak pergi kemana-mana dan tetap dirumah. Saya berusaha memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin.

Walaupun mungkin terkadang, ketika bangun tidur kita sering berfikir memang bahwa hari ini hari libur, kita sering kembali tertidur kembali tanpa mengenal waktu. Namun, dengan diberikannya tugas dari para guru yang mengajar dikelas saya, membuat saya berfikir untuk lebih baik mengerjakan dari pada menunda nanti ketika waktu pengumpulan tugas. Tugas tersebut dikerjakan dengan pemahaman dan kemampuan saya. Dengan mengerjakan tugas, tanggung jawab dari tugas yang diberikan dapat terpenuhi dan kita mempunyai sikap disiplin terhadap tugas yang diberikan.

Selain itu, sebagai pelajar saya harus belajar. Saya juga memiliki tanggung jawab sebagai anak, yaitu dengan membantu orang tua. Setiap libur atau kapan pun saya memiliki waktu luang, saya dan kakak saya sering membantu orang tua seperti membersihkan rumah, memasak, dan bermain (menjaga) keponakan.

Demikian, cerita liburan yang mungkin lebih tepatnya belajar dirumah selama 4 hari yang saya jalani. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis dan bentuk Surat Dinas