Hasil Observasi

Hasil Observasi Pengalaman Kunjungan
 ke Stasiun Kereta Api di Ciamis

Pada hari Rabu 21 Maret 2017, saya bersama teman-teman melakukan observasi ke Stasiun Kereta Api yang berada di Ciamis. Stasiun tersebut menjadi tempat yang sering di kunjungi oleh pemudik yang akan berpergian ke luar kota. Masyarakat masih menggunakan Kereta Api sebagai sarana berpergian yang paling mudah, praktis dan nyaman serta yang paling penting, yaitu tidak terjebak oleh macet. Fasilitas yang diberikan PT KAI  sekarang juga sudah mulai lengkap dan memadai, serta canggih dengan seiring perkembangan zaman di era globalisa sekarang ini.


Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, dahulu orang-orang akan pergi ke stasiun untuk memesan tiket kereta api secara langsung atau lebih tepatnya bertransaksi langsung dengan petugas tiket. Namun, dengan perkembangan zaman yang modren dan kepintaran manusia dalam menggunakan teknologi komunikasi dan informasi. Dengan mudahnya pemesanan tiket kereta dapat dipesan melalui online dengan situs yang telah disediakan oleh pihak PT KAI, dengan akses tersebut orang-orang tidak perlu repot-repot untuk membeli tiket kereta api dengan pergi ke stasiun, karena selain penggunaan teknologi sangat praktis dan mengguntungkan serta dapat menghemat waktu kita.


1. Situs aplikasi yang dapat kita gunakan untuk pembelian tiket dapat di pesan melalui :
* Traveloka                       
 * Indomaret
* Tokopedia                       
* Alfamart* Pegipegi                          
* dan lain-lainnya

Jika Anda ingin memesan tiket secara online yaitu masuk ke Play store lalu ketik situs aplikasi yang Anda inginkan seperti situs yang tercantum tadi di atas. Jika sudah mengunduh Anda bisa menggunakannya untuk memesan tiket kereta api. Namun dalam pemesanan tiket, Anda harus mengikuti aturan  yang telah ditentukan oleh situs tersebut.Dan apabila Anda memesan tiket secara online, misalnya jika terjadi sesuatu seperti suatu hal atau ganguan sebelum keberangkatan Anda yang beberapa hari lagi. Anda bisa mengundurkan kepergian Anda sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh KAI. Namun, apabila pada hari itu Anda tidak bisa datang ke stasiun maka tiket dinyatakan musnah, dan Anda bisa pergi kembali setelah memesan tiket baru.


2. Cara pemesanan tiket kereta api online sebagai berikut :
-  Pertama, buka halaman situs id.tike-api.com- Klik pada tab "tiket"- Isikan satu tujuan berpergian, tanggal  dan jumlah tiket yang ingin di pesan. Jika sudah klik tombol "cari berpergian" (tujuan kota yang Anda inginkan)
- Setelah itu sortir berpergian mana yang akan dipilih sesuai dengan jenis atau tipe class kereta, waktu    keberangkatan dan harga tiket yang tersedia pada tabel hasil pencarian.
- Dan yang terakhir, isi folmulir pemesanan yang telah disediakan seperti, melampirkan identitas         yang masih berlaku contoh  KTP dan lain-lainnya.

Pengisian folmulir tersebut agar dapat mengetahui identitas pelanggan baik baik dari umur, alamat atau pun lainnya. Apabila ada sesuatu gangguan atau hal  yang tidak diharapkan seperti, kecelakaan kereta  yang memungkin dengan adanya identitas tersebut dapat diketahui siapa saja korban dari kejadian itu. Serta bisa mengetahui bahwa ada penumpang gelap (penumpang tanpa tiket) atapun salah penempatan kereta. Hal itu dilakukkan agar pelayanan mudah terkendali dan para penumpang bisa merasa aman dan nyaman selama perjalanan.

3. Rata-rata class kereta api yang diminati oleh penumpang di daerah ciamis :Rata--rata class kereta api yang sangat diminati oleh penumpang di daerah Ciamis adalah class ekonomi. Mungkin karena harganya yang masih terjangkau oleh masyarakat pada umunya, namun class lain seperti, class ekskutif dan bisnis pun diminati walaupun hanya sedikit.
Contoh Class Ekonomi : 
Ciamis-Surabaya = Rp 94.000,00                                         
Ciamis-Jakarta    = Rp 67.000,00
Untuk kerta api di daerah Ciamis class bisnis berangkat pada hari sabtu malam hari sesuai waktu yang ditentukan.


4.  Jenis atau tipe class kereta api dan tujuannya stasiun di Ciamis antara lain :
a. ARGO WILIS [ KELAS EKSEKUTIF ] : BANDUNG-SURABAYA dan arah  sebaliknya.
b. TURANGGA [ KELAS EKSEKUTIF ] : BANDUNG-SURABAYA dan arah sebaliknya.
c. MUTIARA SELATAN [ KELAS EKSEKUTIF/BISNIS ] : BANDUNG-SURABAYA- MALANG
d. MALABAR  [ KELAS EKSEKUTIF/BISNIS/EKONOMI  ] : BANDUNG-KEDRI-MALANG dan arah sebaliknya.
e. LODAYA PAGI [ KELAS EKSEKUTIF/BISNIS ] :  BANDUNG-YOGYAKARTA-SOLO dan arah sebaliknya.
f. LODAYA MALAM [ KELAS EKSEKUTIF/BISNIS ] : BANDUNG-YOGYAKARTA-SOLO dan arah sebaliknya.



5. Fasilitas yang telah disediakan oleh KAI terdapat di kerta api antara lain :
Eksekutif  
~ Tv 
 ~ Tempat duduk yang dapat diatur sesuai dengan kemauan sendiri (sandarannya dapat  kebelakang agar bersantai)
Bisnis  
~ Tempat duduk pada kereta api biasa seperti class eksekutif, namun tidak bisa diatur dengan kemauan sendiri.
Ekonomi  
~ Pada kereta ini seperti kereta api pada umunya, terdapat tempat duduk namun tidak sebagus class eksekutif maupun class bisnis yang bisa diatur-atur tempat dudukya.Mungkin itu yang bisa saya informasikan mengenai observasi kunjungan ke Stasiun Kereta Api di Ciamis. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan kata maupun kalimat. Sekian terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis dan bentuk Surat Dinas